10 cara mudah akses website yang di blokir

  

Beberapa tahun lalu pembatasan terhadap wibsite ber-konten negatif telah dilakukan pemerintah melalui jalur provider yang ada di indonesia. namun beberapa wibsite dengan informasi yang tidak sepenuhnya negatif terdampak pula masuk adalam daftar pembatasan akses. ada beberapa cara untuk akses ke website tersebut tentunya harus dengan beberapa langkah yang perlu dilakukan

Trik ini tidak mengajarkan bagaimana untuk mengakses wibsite dengan konten negatif. informasi pada halaman ini sebagai informasi bagaimana sebuah akses internet bisa dilakukan melalui beberapa jalan.

1. Menjadi Anonymous:  Gunakan Proxy Websites

ISP melakukan pemblokiran situs situs yang di anggap negatif. bagi beberapa orang ini menghalangi untuk masuk ke situs tertentu. solusi salah satunya adalah menggunaka proxy.
proxy menjadikan internet anda sebagai kamuflase atau anonumous yang artinya identitas ip kamu tidak terlihat secara transparan.

salah satu langkah yang bisa digunakan dengan proxy yaitu
  1. Buka situs proxurf.com
  2. Kemudian masukkan alamat url dari website anda yang telah diblokir
  3. Klik browse 
ada banyak situ yang menyediakan proxy bisa di cari di Google tentunya beberapa antara lain :
http://www.spysurfing.com/
https://www.hidemyass.com/
http://proxify.us/p/

2. VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah koneksi jaringan yang membuat jaringan publik atau jaringan internet menjadi jaringan private. dalam hal ini jaringan publik hanya sebagai perantara namun jaringanya bersifat privat yang berarti jaringan ini tidak bisa diakses oleh orang lain tanpa hak akses.
VPN bertindak sebagai gerbang yang menkonversi data menjadi data terenkripsi sehingga data tidak dikenali dalam area publik

3. Ganti nama URL dengan alamat IP

Kadang kadang pada kasus pemblokiran hanya memasukan nama website ke dalam daftar blokir, ini yang bisa menjadi celah untuk masuk ke dalam situs web tersebut yang diblokir namun tidak dengan alamat ip nya. 
Untuk metode ini tidak semuanya berhasil tergantung apakah URL dan sudah diterjemahkan juga ke ip adress oleh sistem. Yang perlu dilakukan adalah dengan mengecek melalui Command Promt dengan  ping ke alat website tersebut. sebagai contoh  ping "namawebsite.com" . apabila ada respon dan menunjukan alamat ip, copy dan paste ke dalam alamat browser .

4. Ubah Network Proxy di Browsers

Di beberapa tempat , komputer yang digunakan bersama-sama seperti warnet atau lab komputer sekolah menggunakan proxy untuk menyimpan data dan filter internet, termasuk website yang tidak diperbolehkan untuk di akses. 
Biasanya proxy di setting di dalam komputer atau browser pada tiap komputer. Anda hanya mencari settingan proxy di browser untuk diganti tanpa proxy atau menggunakan proxy dari luar.

5. Gunakan Google Translate

Salah satu trik mudah adalah dengan menggunakan google translate . google translate kita gunakan sebagai proxy untuk akses situs yang diblokir. cara yang bisa kita gunakan adalah
  1. Buka Browser dan masukan alama translate.google.com 
  2. Masukan alamat situs yang akan di kunjungi 
  3. pada samping kanan akan terlihat hasil terjemahanya. namun bukan terjemahan dalam bahasa lain namun masih tetap alamat yang sama
  4. klik alamat dalam kotak kanan maka akan menuju halaman yang sama dengan bahasa yang mungkin berbeda.

6. Bypass via Extensions

di beberapa situs besar extensi nama domain mengikuti negara pengaksesnya. jika sebuah situs di blokir bisa untuk dicoba mengganti ektensi nama domain dari yang umum menjadi spesifik sebuah domain negara lain. 

7. URL recasting

Beberapa situs tidak memiliki SSL yang terverifikasi. untuk kasus ini bisa anda lakukan dengan memasukan alamat situs ke browser dan menambahkan 's' di belakang 'http'  . sebagai contoh kita akan mengunjungi http://namadomain.com maka ubah menjadi https://namadomain.com. ketika ada peringatan keamanan pada layar browser maka klik "proses to"

8. Mengganti DNS Server

Mengganti DNS server bukan artinya kita mengganti sebuah perangkat keras, namun kita hanya menggganti alamat server yang bisa kita temukan dalam sistem. jika anda menggunakan sistem Windows settingan ini bisa kita temukan dalam Control Panel - Network and internet - Network and Sharing Center -  Change Adapter Setting  - klik kanan adapter yang terhubung ke internet -  Properties - Internet Protocol Version 4(TCP/IP) dan ubah bagian DNS . 

DNS bisa menggunakan open DNS 208.67.222.222
google 8.8.8.8 / 4.4.4.4
atau yang lainya

9. Arsip internet - Wayback Machine

Wayback Machine adalah sebuah mesin  yang memberikan service penyimpanan salinan hampir semua situs di internet. 
Wayback Machine menyimpan beberapa versi dari sebuah situs web dan anda dapat menggunakannya untuk mengakses versi terakhir dari sebuah situs web. Pengguna juga dapat menggunakannya untuk menelusuri konten diblokir online.

10. Gunakan RSS Feed

Dengan berlangganan melalui RSS Feed pembaruan konten artikel sebuah website akan masuk ke dalam email kita dan kita akan bisa melihat melalui email. tentu saja email yang masuk tidak akan masuk dalam sensor atau filtering daftar situs yang diblokir. namun kendalanya adalah tidak semua website memiliki RSS Feed
10 cara mudah akses website yang di blokir 10 cara mudah akses website yang di blokir Reviewed by jams on 15.39.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: