Struktur Program C++

Cara terbaik dalam belajar pemprograman adalah dengan menulis program dan membuat project, dengan project yang berasal dari ide akan bertemu dengan masalah yang membuat semakin bertemu kode baru. hal yang pertama yang dilakukan banyak programer adalah mencetak string di layar dan sudah populer kata "Hello Word" dijadikan sebuah icon contoh pemrograman pertama.

contoh pertama yang bisa kita lakukan dalam C++


  // program pertamaku  C++
 #include 
 
 int main()
 {
   std::cout << "Hello World!";
 }

hasil keluaran pada penggalan program c++ diatas adalah :
Hello Word!

Sekarang kita pelajari tiap source code program C++ di atas


Baris 1
: // program pertamaku C++

Dua garis miring menandakan bahwa di belakang tanda dua garis miring tersebut adalah sebuah komentar yang berisi informasi atau petunjuk baris program

Baris2 : #include

Baris kode program yang dimulai dengan tanda pagar (#) menunjukan bahwa sebuah preprocessor dimana kode ini akan di compile atau dijalankan sebelum program berjalan. Pada contoh di atas #include menginstruksikan preprocessor untuk memasukan kode standart dari c++ iostream, yang mempunyai fungsi dan menjalankan operasi standart input output seperti menulis sebuah string ke layar monitor .

Baris 3 : baris kosong
baris kosong pada program tidak akan memberikan efek apapun kepada program nantinya.

Baris 4 : int main()
kode ini adalah sebuah fungsi, dimana fungsi ini membuat sebuah kelompok kode program menjadi satu dan dijadikan menjadi sebuah satu fungsi yang mana nantinya akan dipanggil fungsi tersebut. pada contoh kode di atas fungsi tersebut bernama "main" dengan tipe int dan disertai parameter ().

fungsi dengan nama "main" adalah fungsi spesial di dalam c++ dimana fungsi ini akan dipanggilpertama kali ketika program dijalankan. kode yang ada di dalam fungsi main akan dieksekusi langsung , bisa disebut fungsi main sebagai program utama

Baris 5 dan 7 : { dan }
Tanda kurung kurawal { menunjukan sebuah tanda mulai dari sebuah pengurungan atau pengelompokan kode didalamnya. Sedangkan tanda } merupkan tanda penutup dari isi sebuah fungsi main 

Baris 6 : std::cout << "Hello Word";
Baris ini ada sebuah statement dari standart c++ yang nantinya akan memberikan efek pada program.ketika dijalankan . 
kita coba bedah pada baris ini
std::cout menunjukan sebuah  standard character output dimana kode ini difungsikan untuk mengluarkan karakter ke layar monitor.
<< merupakan operator untuk memasukan isi kode dibelakangnya yaitu "Hello Word" ke std::cout dan menjadikanya sebuah output.
Pada akhir baris kode di tandai dengan  (;) . tanda ini merupakan simbol berkhirnya sebuah satu line koding .












Struktur Program C++ Struktur Program C++ Reviewed by jams on 14.53.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: