10 fungsi kabel USB OTG untuk Androidmu

Mungkin anda sudah sering mendengar USB OTG .kebanyakan yang kita tahu USB OTG hanya berfungsi sebagai media perantara atau penyambung flashdisk ke hp Android, tentu saja perangkat Android kamu sudah mendukung fungsi USB OTG ini.

kabel USB OTG (universal serial bus on the go) adalah  sebuah spesifikasi dari perangkat USB seperti pemutar audio digital atau smartphone, yang memungkinkan perangkat USB lainnya (USB flash drive/flashdisk, kamera digital, mouse, atau keyboard) untuk dapat terhubung terhadapnya. Fitur ini biasanya dipergunakan untuk mempermudah  pengguna dalam mentransfer data dari smartphone dari atau ke perangkat lain via kabel USB OTG.

Lebih dari itu kabel USB OTG punya fungsi lebih dari itu antara lain

1. Usb Mouse dan Keyboard


Kabel USB OTG bisa di fungsikan sebagai port untuk mouse dan keyboard, layaknya sebuah komputer Android bisa dipasangkan dengan mouse dan keyboard melalui USB. tampilan crusor di layar android juga mirip dengan komputer berciri kas anak panah miring. untuk menggeser layar cukup dengan klik tahan dan geser, namun berbeda dengan komputer untuk masuk dalam sebuah aplikasi perlu double klik. pada android dengan operasi mouse cukup satu kali klik maka akan masuk ke aplikasi. keyboard akan beroprasi jika dalam layar juga muncul papan ketik itu

2. Usb Fan


Port Android yang mendukung USB OTG bisa mengeluarkan tegangan 5 V. ini bisa dimanfaatkan untuk mengalirkan tegangan tersebut melalui kabel USB OTG ke USB Fan .

3. Memory card reader

Seperti Halnya USB flasdisk usb punya karakter yang sama. namun dengan media penyimpanan yang bisa di ganti sesuai dengan bentuk fisiknya , card reader hanya media pembaca dari kartu memori yang jenis dan bentuknya berbeda.


4. Usb Gamepad

Bagi penggemar game Joysstick akan sangat membantu bermain game dalam android. sebelum android muncul game dalam PC juga menggunakan Joystick dengan USB kabel. Joystick yang serupa bisa digunakan juga dalam Android melalui perantara USB OTG.

5. Usb Light


Tidak Jauh berbeda dengan USB Fan, USB Ligh membutuhkan daya 5 v untuk menyalakan lampu LED nya. melalui port USB di HP Android bisa didapatkan tegangan tersebut, tentunya harus melalui kabel USB OTG sebagai perantara USB port dan micro USB yang dimiliki HP android.

6. LAN to usb

Biasanya LAN digunakan hanya untuk PC namun melalui USB OTG LAN bisa digunakan untuk Android.

7. Hard drive


Selain USB Flasdisk yang bisa di sambungkan dengan Android, Hardsik Portable juga dapat di hubungkan dengan Android melalui USB OTG , dengan kapasista yang besar dari USB Flasdisk pastinya akan lebih nyaman menyimpan atau memindah file antara Smartphone Android dengan Hardisk Portable. tidak semua Hardisk Portable atau Smartphone Android bisa dihubungkan secara langsung, tergantung dari spesifikasi Hardisk dan Android itu sendiri beberapa Android tidak bisa mengeluarkan arus yang cukup untuk Hardisk portable begitu pula Hardisk Portable ada yang begitu menguras atau membutuhkan arus yang lebih besar dari pada Hardisk Portable lainya. Jadi ketika Arus yang dibutuhkan cukup untuk menjalankan Hardisk portable maka saat itulah bisa digunakan layaknya Flashdisk dengan perantara USB OTG.

8. USB SOUND CARD


Android sebenarnya sudah mempunyai port output untuk sound, namun kita bisa menambahkan output Sound melalui USB SOUND CARD melalui USB OTG , beragamnya jenis USB SOUND CARD yang ada di pasaran membuat kita banyak pilihan dari kualitas, sampai banyaknya port output yang di sediakan.

9. Connect DSLR


Android bisa terhubung dengan kamera DSLR, namun tidak semua kamera DSLR yang bisa langsung dihungkan, kebanyakan tipe NIKON dan CANON itupun tidak semua tipe. kita bisa sinkronisasi foto yang ada pada memori kamera dengan Android

10. DSLR DASHBOARD


Selain sebagai sinkronisasi foto DSLR, USB OTG punya fungsi sebagai remote untuk kamera DSLR, banyak aplikasi yang bisa di unduh di Play Store Android, ada yang free dan ada yang berbayar. dalam aplikasi biasanya memuat pengaturan Live View, Apetur, Speed, ISO, Focus dan lain lain
10 fungsi kabel USB OTG untuk Androidmu 10 fungsi kabel USB OTG untuk Androidmu Reviewed by jams on 09.32.00 Rating: 5

2 komentar:

  1. Thanks atas infonya, Min. Sangat lengkap. Ijin repost ya, nanti saya cakupin link dari website ini.
    :o

    BalasHapus