Reset Password Windows 10 dengan CMD


Melindungi data komputer paling dasar adalah memberikan password pada komputer , namun berapa orang yang sering lupa dengan passwordnya akan menjadi masalah besar ketika lupa akan password kolmputernya sendiri. Window punya prosedur dalam mengembalikan password yang hilang yaitu dengan repair disk  namun jika memiliki hal tersebut maka akan lebih sulit, ada cara yang lebih sederhana untuk reset password window 10.

Kenapa Komputer harus di password ?

Terlepas dari data atau dokumen penting yang tersimpan dalam komputer anda , aplikasi atau program yang menggunakan identitas anda adalah sesuatu yang berharga untuk dilindungi, seperti misalnya akun facebook , password yang tersimpan pada browser. Jika tidak dilindungi akan digunakan oleh orang lain yang mungkin bisa bertindak kriminal dengan mengatasnamakan akun anda. oleh sebab itu penting untuk melindungi komuter anda dengan password dan hal dasar adalah memberikan password pada sistem komputer anda. 

Password membuat sulit pengguna 

Tidak dapat dipungkiri memberikan password pada komputer memang mempersulit diri, bisa dikatakan 
Keamanan Berbanding Terbalik Dengan Kenyamanan
dari istilah tersebut saya berikan sebuah contoh , rumah dengan keamanan berlapis seperti pintu yang digembok, alarm deteksi gerak, pagar yang terkunci, dan berbagi jebakan mailing yang terpasang, ketika pemilik datang ke rumahnya sendiri maka semua itu harus dimatikan satu persatu, dan jika tidak dimatikan maka akan menjadi bumerang terhadap pemilikinya sendiri, hal ini yang membuat tidak nyaman bagi pemilik. namun akan sangat aman ketika maling ingin mencuri di rumah tersebut

Mencegahan Lupa password 

Untuk mencegah lupa password windows bisa dengan memberikan petunjuk melalui Password Hint yang bisa ditampilkan di halaman login, namun petunjuk ini hanya anda yang tahu.
Cara berikutnya membuat password reset disk , namun jika tidak belum melakukan hal tersebut lakukan dengan menggunakan Command Promt .

Bagaimana me-reset password dengan CMD ?

Syarat untuk melalukan reset diperlukan
  • CD instalasi windows 10 atau windows recovery disk
1. Gunakan Windows Repair disk untuk masuk ke halaman repair
2. Pilih bahasa ( kemungkinan akan berbeda metode ini sesuai dengan versi windows anda)
3. Pilih Troubleshoot


4. Pilih Command Prompt


5. Ketika Command promt muncul ketikan perintah berikut lanjutkan dengan enter
copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\
6. Kemudian ketikan perintah berikut lanjutkan dengan enter
 copy /y c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe
pada perintah pertama akan menimpa file setch.exe dan akan ditandai dengan Overwrite c:\sethc.exe? maka ketikan All

 

7. Keluar di halaman CMD dengan ketik Exit lanjutkan dengan enter dan sampai saat ini reset password sudah selesai pada save mode . restart komputer

8. Pada saat windows berada pada halaman login, dengan menekan tombol Shift sebanyak lima kali halaman CMD akan muncul
9. Ketikan pada halaman CMD perintah berikut lanjutkan dengan enter
net user username password
catatan : username adalah user name komputer anda dan password adalah kata sandi baru. sebagai contoh user teklogi dan password baru adalah 12345678


11. Keluar CMD degnan ketik exit lanjut kan dengan enter

12. Sekarang password baru bisa langsung digunakan untuk masuk kedalam window 10 anda.


Pada dasarnya pada file SETHC.exe digunakan untuk memberikan akses ke password dengan mengantinya melalui recoveri disk. dan akan mengijinkan akses login membuka cmd sebelum masuk windows. 
Pada kasus ini reset password hanya bisa digunakan untuk akun local bukan akun microsoft yang digunakan dalam windows 10. untuk reset akun microsoft bisa dilakukan di halaman microsoft secara online.

Mengembalikan perubahan Windows 10

Setelah sukses reset password windows untuk keaadaan darurat tentunya anda ingin mengembalikan keadaan windows seperti semula, jika tidak dikembalikan seperti keadaan semula hal yang sama bisa dilakukan oleh orang lain dengan menekan Sift lima kali untuk reset password.
1. Ulangi langkah 1-4 pada perintah di atas
2. Ketikan perintah berikut pada CMD lanjutkan dengan enter
copy /y c:\sethc.exe c:\windows\system32\sethc.exe

 3. Sekarang jika anda menekan Shift sebanyak lima kali maka akan tampil pesan 


Reset Password Windows 10 dengan CMD Reset Password Windows 10 dengan CMD Reviewed by jams on 01.03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: