Sejarah Pembuat Pokemon Go John Hanke

foto by vincentwee.com


John Hanke. Pria kelahiran San Fransisco, Amerika Serikat ini harus melalui 20 tahun sebelum mencapai sukses dengan game ciptaannya Pokemon Go

Pokemon Go dikembangkan developer Niantic yang berbasis di San Francisco. Pendiri dan CEO-nya adalah pria asal Texas, John Hanke. Dia ini yang berperan besar dalam penciptaan Pokemon Go. Dari rekam jejaknya, Hanke sudah malang melintang di jagat teknologi, dan kini John Hanke menjadi CEO dari perusahaan Niantic yang meluncurkan game Pokemon Go

Google Earth dan Google Map adalah bagian dari ciptaanya, John Hanke adalah salah satu pendiri Keyhole yaitu perusahaan yang berbasis peta yang di beli Oleh Google, bahkan saat ini pekerja dari perusahaan Niantic adalah mantan dari karyawan Google. Niantic sendiri adalah startup yang dikembangkan di bawah naungan Google. Baru pada tahun lalu, Niantic menjadi perusahaan independen.

Nama Niantic Labs terinspirasi dari kapal besar bernama Niantic selama masa penambangan emas dan berpengalaman terseok-seok di lautan. Dari proses tersebut akhirnya terbentuk San Fransisco. Dunia nampak keren terlihat dari atas, meski melalui internet. Dan kamu tidak pernah mengetahui kapan kesuksesan akan tercipta dari hal itu.



John Hanke yang mendapat gelar MBA dari University of California Berkeley dulu pernah bekerja di Departemen Luar Negeri AS sebelum berkecimpung di jagat startup.
Pada tahun 1996, John Hanke membuat generasi pertama game jenis MMO (massively multiplayer online game) yang disebut Meridian 59. Ia menjual game itu ke perusahaan bernama 3DO untuk kemudian giat menggeluti teknologi peta online.
John Hanke aktif di Keyhole Tahun 2000, sampai perusahaan ini diakuisisi Google. John Hanke adalah sosok kunci kesuksesan Keyhole. "Dia mampu membuat Keyhole menjadi perusahaan dan menjadikannya bertahan di masa gelap ketika waktu itu banyak startup sekarat," kata Brian McClendon, salah satu pejabat Keyhole.

Saat Google Earth diluncurkan dengan basis teknologi dari Keyhole, dunia juga gempar dan banyak orang ramai-ramai mencobanya. Fenomena sama seperti yang dialami Pokemon Go sekarang.

"Google Earth salah satu peluncuran di internet terbesar sepanjang masa. Pokemon Go sekarang sungguh berada di situasi yang sama," kata McClendon yang menilai Hanke sebagai sosok yang pintar dan sangat tenang meski di bawah tekanan.

Puas dengan kiprahnya di Google, Hanke mendirikan perusahaan sendiri bernama Niantic di tahun 2010. Keberhasilan pertama adalah game Ingress yang menarik sekitar 15 juta pengguna.

Masih banyak pemainnya yang loyal, di mana 10 ribu gamer Ingress diperkirakan hadir di sebuah evengathering di Tokyo minggu ini. Ingress adalah game genre fiksi ilmiah, di mana ada dua faksi saling bertarung untuk memperebutkan portal yang lokasinya di dunia nyata.

Salah satu fans dari Ingress adalah Tsunekazu Ishihara, CEO dari Pokemon Company yang sebagian sahamnya dimiliki Nintendo. Terbentuklah ide membuat Pokemon Go di mana Niantic di bawah komando Hanke menjadi eksekutornya.

Pokemon Go disebut sebagai penerus spiritual dari Ingress. Niantic memang banyak mengambil data Ingress yang dimasukkan ke Pokemon Go. Sebut saja lokasi portal yang banyak dijadikan sebagai Pokestops.

"Hadiah dari game ini adalah dorongan dan kesempatan untuk keluar ruangan dan mengalami pengalaman baru, bukan soal adegan besar di akhir di mana bos mati," kata Hanke.

Pokemon Go sukses ketika diluncurkan, Banyak orang mendownlodnya meski dalam beberapa negara belum di release secara resmi

"Kami mengimajinasikan nantinya tim bisa membangun game dan Pokestops mereka dengan cara tertentu sesuai dengan selera mereka sendiri," kata John Hanke.

dihimpun dari berbagai sumber





    Sejarah Pembuat Pokemon Go John Hanke Sejarah Pembuat Pokemon Go John Hanke Reviewed by jams on 08.42.00 Rating: 5

    Tidak ada komentar: